Komunitas Yohanes – Purworejo

 

Komunitas ini berawal dari pelayanan bagi para petani yang  ada di wilayah Ringgit Purworejo, dan pelayanan ini merupakan perkembangan karya pemberdayaan di Wonosobo. Melihat prospek ke depan bahwa pelayanan kepada petani merupakan pilihan yang tepat karena mengingat visi dan misi karya pemberdayaan yang berpihak pada kaum lemah dan petanilah yang termasuk kaum lemah yang harus dibantu. Supaya bisa melayani secara maksimal, maka dibutuhkan tempat tinggal bagi para Suster yang berkarya di pemberdayaan. Untuk kepentingan itu, maka berdirilah komunitas di Purworejo. Keinginan untuk mempunyai tempat tinggal bagi para Suster diteguhkan oleh anjuran atau permintaan dari Bapak Uskup Purwokerto Mgr. J. Sunarko, SJ kepada Kongregasi-kongregasi yang ada di Keuskupan Purwokerto untuk mendirikan komunitas-komunitas di pedesaaan dengan tujuan  mendukung paroki pedesaan. Setelah mengadakan refleksi bersama perlu tidaknya Kongregasi mempunyai rumah di Purworejo, maka diputuskan untuk sementara waktu menempati keluarga rumah Sr. Alfonsa PMY di desa Ringgit pada tahun 1999.

Selain kegiatan pendampingan para petani, para Suster juga mencoba  mendampingi ibu-ibu untuk meningkatkan ekonomi walau sangat kecil yaitu dengan usaha pembuatan jamu tardisional. Tugas perutusan dari Tarekat adalah pendampingan petani, namun para Suster juga ikut terlibat  di stasi dengan kegiatan Bina Iman Anak, Remaja, Mudika, kunjungan umat dan kegiatan-kegiatan lingkungan lainnya. Setelah semuanya bisa berjalan, baik pelayanan kepada petani atau pun pastoral, Kongregasi memberi tugas kepada Suster yang berkarya di Purworejo untuk  Orientasi Komunitas Baru.

Atas kebaikan Ibu Cecilia dan Br. Yakobus FC, Kongregasi yang sedang mencari rumah untuk komunitas mendapat jalan. Sangat kebetulan, rumah yang  berada di desa Jenar Kidul, Kecamatan Purwodadi Purworejo, saat itu hanya ditempati oleh dua orang yang sudah lanjut usia yaitu saudari Bu Cecilia dan yang membantunya. Mereka membutuhkan perawatan baik secara rohani maupun secara jasmani. Bagaikan Gayung Bersambut, para Suster diperbolehkan menempati rumah tersebut seraya ikut merawat salah satu nenek yang memang sungguh membutuhkan bantuan dan pendampingan. Pada tanggal 11 Desember 2003, para Suster yang tinggal di komunitas Ringgit pindah ke rumah Bu Cecilia di Jenar. Pada tanggal 4 Januari 2004, rumah tersebut diresmikan penggunaannya sebagai komunitas, dalam sebuah Perayaan Ekaristi dan diresmikan pula oleh  Pamong Desa  bersama dengan masyarakat setempat.

Sesuai dengan keberadaan komunitas di Purworejo yaitu pendampingan petani atau  pemberdayaan masyarakat, maka meskipun berpindah tempat dari Ringgit ke Jenar, visi dan misi tetap sama. Kongregasi percaya bahwa Tuhan sungguh menghendaki supaya para Suster berkarya didaerah Purworejo. Hal itu terlihat dari adanya perkembangan dalam karya pelayanan yaitu ikut terlibat di dalam bidang pendidikan  khusus maupun umum. Salah satu Suster bekerja di SMP Bhakti Mulia Purwodadi dan satu Suster berkarya di SLB/C Karya Bhakti milik Kongregasi Bruder Caritas. Selain itu, kegiatan sosial kemasyarakatan dan pastoral tetap dijalankan misalnya kunjungan orang-orang sakit fisik atau pun mental. Keberadaan para Suster bisa menjadi warna di Paroki yang baru yaitu Paroki Purwosari dan itulah yang diharapkan oleh Bapak Uskup supaya Kongregasi hadir di Paroki pedesaan.

Setelah melewati berbagai pengalaman di dalam karya pelayanan, juga pergantian Suster yang karyanya tidak selalu sama, maka pelayanan di SMP Bhakti Mulia dan di SLB/C Karya Bhakti dihentikan. Saat ini fokus karya pelayanan di karya pemberdayaan petani dan pastoral. Seperti pengalaman komunitas-komunitas yang terdahulu, di Purwodadi pun mengalami hal yang sama terutama tentang tempat tinggal yang belum permanen, artinya selalu berpindah dari satu rumah ke rumah yang lain dan dengan pemilik yang berbeda-beda. Sesudah beberapa kali mencoba mencari lokasi yang tepat untuk komunitas, maka akhirnya mendapat tanah dan bangunan bekas gudang. Bekas gudang itulah yang saat ini dijadikan rumah komunitas, dengan 2 suster tinggal di sana. Komunitas yang berlamat di Jl. Husada (Sebelah Barat Kawedanan) Rt. 02/Rw. 01 Purwodadi – Purworejo – 54173. Komunitas ini diresmikan pada tanggal…….


Komunitas Yohanes – Purworejo